Senin, 03 November 2014

PIDATO "Generasi Antikorupsi"

Yang terhormat ibu Leni dan teman-teman yang saya cintai. Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.
Marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan rahmatNya kita dapat berkumpul di tempat ini. Perkenalkan, nama saya Veronica, siswi kelas XII IPA 1 SMA Santo Ignasius Singkawang. Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan sebuah pidato mengenai “Generasi Antikorupsi”.
Berbicara tentang antikorupsi, antikorupsi berasal dari kata dasar ‘korupsi’. Mengapa bisa terjadi korupsi ? Korupsi terjadi karena keinginan seseorang untuk mendapatkan keuntungan bagi dirinya sendiri dengan cara kotor tanpa memikirkan orang lain yang akan dirugikannya.
Menurut survei yang saya baca di internet, pada tahun 2012, Indonesia menduduki peringkat ke 118 dari 176 negara dan pada tahun 2013, Indonesia menduduki peringkat ke 114 dari 177 negara. Sungguh ironis.
Di Cina, koruptor dipotong kepalanya. Di Arab, dipotong tangannya. Di Indonesia, dipotong masa tahanannya.
Kapan Indonesia bisa terbebas dari korupsi ?
Indonesia akan atau tidak terbebas dari korupsi tergantung dari setiap orangnya, kita. Intinya mulai dari diri kita sendiri, sebagai generasi muda Indonesia. Kita jangan berpikir bahwa hanya kita yang berjuang sendiri melawan korupsi karena pada akhirnya kita akan putus asa dan menjadi seperti mereka, berpikir bahwa Indonesia sudah tidak tertolong lagi dari yang namanya ‘korupsi’.
Perlu diketahui, korupsi tidak hanya ketika mendapatkan keuntungan semata, tetapi juga pada berbagai aspek kehidupan kita, misalkan cara kita menggunakan waktu. Jika kita menggunakan waktu dengan kegiatan-kegiatan yang tidak berguna, yang tidak bermanfaat bagi kehidupan kita, Anda dan saya adalah salah satu koruptor.
Oleh karena itu marilah kita sebagai generasi muda, kita berjuang melawan korupsi. Yakinlah Indonesia akan terbebas dari korupsi, jika kita semua dapat bersikap antikorupsi. Semuanya tergantung dari kita. Ingat! Sebagai generasi muda, kitalah penentu masa depan bangsa ini. Mari kita jadikan bangsa ini, bangsa yang maju. J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar