Senin, 29 Desember 2014

Membangun Kepercayaan Diri

Kepercayaan diri atau dalam bahasa Inggrisnya adalah Confidence adalah kondisi mental atau psikologis diri seseorang yang memberi keyakinan kuat pada dirinya untuk berbuat atau melakukan suatu tindakan (Menurut Thantaway dalam kamus istilah Bimbingan dan Konseling (2005:87)).

Berbicara tentang kepercayaan diri, tidak semua dari kita memiliki kepercayaan diri yang TINGGI termasuk saya. Dan masalah utama dari “Confidence” adalah sikap minder.
Mengapa minder ? Minder karena tidak bisa menerima diri kita sendiri.
Minder terjadi karena konsep diri yang salah.
Konsep diri (self-concept) selalu muncul dari pertanyaan WHO AM I ? Siapakah saya ? WHERE I AM GOING ? Apa tujuan saya ????

“Nama saya Veronica. Saya sekolah di SMA Santo Ignasius Singkawang, sekarang sudah kelas 3 SMA en bentar lagi kuliah. Saya rencana ingin kuliah di jurusan Hubungan Internasional, karena tujuan saya adalah agar bisa menjadi diplomat wanita Indonesia.”

Tentu tidak hanya sebatas itu saja bukan. Karena konsep dari ‘WHO AM I?’ & ‘WHERE I AM GOING’ menyimpan arti yang lebih luas lagi dibandingkan yang telah saya tuliskan diatas.

Penyebab kepercayaan diri bisa diakibatkan oleh abuse dan faulty thinking. Abuse misalnya dijelek-jelekin, disiksa en faulty thinking adalah karena pemikiran yang salah. Untuk arti luasnya abuse & faulty thinking bisa dicari en dibaca di sumber lainnya ya ^^

Lalu bagaimana caranya untuk tidak minder ?
Yang pertama dan terutama adalah penampilan. PENAMPILAN ??? Penampilan yang gimana nih ?
Untuk membangun confidence/kepercayaan diri, mari kita tampilkan kelebihan kita. Kelebihan untuk menutupi keminderan kita. Penampilan bisa dalam bentuk prestasi, status, dan juga lainnya. Misalnya, kalau di sekolah, mendapatkan ranking satu. Ranking 1 bukan tujuan lagi untuk dipuji tetap menjadi kelebihan diri kita agar kita tampil lebih percaya diri.
Apapun alasannya, kita bangun kepercayaan diri kita, belajar bagaimana dan supaya diri kita nyaman dengan diri sendiri. Sebelumnya mari kita baca beberapa ayat firman Tuhan yang diambil dari Mazmur 8:4-6.
4. Jika aku melihat langit-Mu, buatan jari-Mu, bulan dan bintang-bintang yang Kautempatkan:
5. apakah manusia, sehingga Engkau mengingatnya ? Apakah anak manusia, sehingga Engkau mengindahkannya ?
6. Namun Engkau telah membuatnya hampir sama seperti Allah, dan telah memahkotainya dengan kemuliaan dan hormat.
Dari bacaan diatas, dapat kita simpulkan bahwa kita semua tidaklah sama, bahkan anak kembar sekalipun. Jangan menjadi sama dengan orang lain. JANGAN PERNAH MAU MENJADI ORANG LAIN. Kita. Saya. Anda. Harus menjadi diri kita sendiri, diri kita yang terbaik. Karena kita semua diciptakan ISTIMEWA.

Kita telah ditebus oleh Kristus. Apakah Anda masih minder dengan diri Anda ?
Saya harap tidak lagi. Karena hidup kita adalah milik Dia, mari kita bangun hidup kita dalam kepercayaan diri untuk kemuliaan Kristus. Amin. ^^
Tuhan memberkati. J


Terinspirasi oleh: Khotbah GI. Rino, 13 Juli 2014, Persekutuan Remaja Zion Singkawang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar