A. Sejarah 3D
Studio Max
3D Studio
Max (kadang kala disebut 3ds Max atau hanya Max) adalah
sebuah perangkat lunak grafik vektor 3 dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk
Media & Entertainment, dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix.
Perangkat lunak ini
dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio
fo DOS, tetapi untuk Platform Win32.
Kinetix kemudian bergabung dengan
akuisisi terakhir Autodesk, Discreet Logic. Produk asli 3D Studio
diciptakan untuk platform DOS oleh grup Yost dan diterbitkan oleh Autodesk.
Setelah 3D Studio DOS Release 4
produk tersebut ditulis ulang untuk platform
Windows NT, dan berganti nama menjadi “3D Studio Max”.
3ds Max adalah
salah satu paket perangkat lunak yang paling luas digunakan sekarang ini,
karena beberapa alasan seperti penggunaan platform Microsoft
Windows, kemampuan mengedit yang serba bisa, dan arsitektur plugin yang banyak.
Ada 5 metode pemodelan dasar 3D Studio
Max, yaitu :
·
Pemodelan dengan primitive
·
NURMS (subdivision surfaces)
·
Surface tool
·
NURBS
·
Pemodelan Poligon
Pemodelan dengan primitif
Ini
merupakan metode dasar, di mana seseorang membentuk model dengan menggunakan banyak
kotak, bola, "cone", silinder, dan objek yang telah disediakan
lainnya. Seseorang juga dapat menerapkan operasi
boolean, termasuk pengurangan, pemotongan, dan penggabungan.
Misalnya, seseorang dapat membuat dua bola yang dapat bekerja sebagai blob yang
akan menyatu. Hal ini disebut "pemodelan balon".
Mental Ray
Mental Ray merupakan sebuah render engine
(mesin untuk merender gambar atau video)
yang terdapat pada program 3D Studio Max, selain render standar max
yaitu "Default Scanline". Mental Ray terintegrasi dengan 3D Studio
Max sehingga tidak perlu menginstal secara terpisah. Mental ray mempunyai
beberapa kelebihan yaitu dapat mengkalkulasi efek GlobalIllumination dan Indirect
Illumination, selain itu dapat juga menggunakan shader pada
permukaan gambar atau cahaya. Render engine lain
selain Mental Ray adalah V-Ray, Brazil R/S, Maxwell Render, Final Render, dan
sebagainya. Semua render engine ini memiliki kelebihannya masing-masing.
B. Fungsi dan
Kegunaan 3D Studio Max
1. Arsitektur design
2. Interior design
3. Landscape design
4. Cartoon design
5. Logo design
6. Stage design
7. Product design
8. Stand design
9. Game design
10. Furniture design, dll
C. Tampilan 3D
Studio Max
1.
Menu Bar
Barisan judul menu tab panel yang telah terkelompokkan sebagaimana
layaknya banyak software.
2.
Viewport
Tampilan layar 3D objek tempat kita mendesain atau jendela pandangnya.
3.
Command Panel
6 panel yang berisi perintah-perintah modeling.
4.
Time Control
Tombol-tombol animasi.
5.
Viewport Navigation Control
Tombol-tombol yang membimbing kita di viewport.
6.
Toolbar
Barisan-barisan perintah dasar atau perintah umum.
7.
Object Category
Kategori panel-panel perintah.
8.
Command Panel Rollout
Tampilan gulungan dari panel perintah.
9.
Time Slider
Alat geser waktu animasi.
10. Track Bar
Penggaris frame animasi.
11. Status Bar
Baris status penjelas perintah terhadap objek.
12. Key Frame
Kunci pengatur pada animasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar