Senin, 03 November 2014

3D STUDIO MAX

A.    Sejarah 3D Studio Max
3D Studio Max (kadang kala disebut 3ds Max atau hanya Max) adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3 dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment, dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix.
Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi untuk Platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir Autodesk, Discreet Logic. Produk asli 3D Studio diciptakan untuk platform DOS oleh grup Yost dan diterbitkan oleh Autodesk. Setelah 3D Studio DOS Release 4 produk tersebut ditulis ulang untuk platform Windows NT, dan berganti nama menjadi “3D Studio Max”.
3ds Max adalah salah satu paket perangkat lunak yang paling luas digunakan sekarang ini, karena beberapa alasan seperti penggunaan platform Microsoft Windows, kemampuan mengedit yang serba bisa, dan arsitektur plugin yang banyak.
Ada 5 metode pemodelan dasar 3D Studio Max, yaitu :
·         Pemodelan dengan primitive
·         NURMS (subdivision surfaces)
·         Surface tool
·         NURBS
·         Pemodelan Poligon
Pemodelan dengan primitif
Ini merupakan metode dasar, di mana seseorang membentuk model dengan menggunakan banyak kotak, bola, "cone", silinder, dan objek yang telah disediakan lainnya. Seseorang juga dapat menerapkan operasi boolean, termasuk pengurangan, pemotongan, dan penggabungan. Misalnya, seseorang dapat membuat dua bola yang dapat bekerja sebagai blob yang akan menyatu. Hal ini disebut "pemodelan balon".
Mental Ray
Mental Ray merupakan sebuah render engine (mesin untuk merender gambar atau video) yang terdapat pada program 3D Studio Max, selain render standar max yaitu "Default Scanline". Mental Ray terintegrasi dengan 3D Studio Max sehingga tidak perlu menginstal secara terpisah. Mental ray mempunyai beberapa kelebihan yaitu dapat mengkalkulasi efek GlobalIllumination dan Indirect Illumination, selain itu dapat juga menggunakan shader pada permukaan gambar atau cahaya. Render engine lain selain Mental Ray adalah V-Ray, Brazil R/S, Maxwell Render, Final Render, dan sebagainya. Semua render engine ini memiliki kelebihannya masing-masing.

B.     Fungsi dan Kegunaan 3D Studio Max
1.      Arsitektur design
2.      Interior design
3.      Landscape design
4.      Cartoon design
5.      Logo design
6.      Stage design
7.      Product design
8.      Stand design
9.      Game design
10.  Furniture design, dll

C.    Tampilan 3D Studio Max
1.      Menu Bar
Barisan judul menu tab panel yang telah terkelompokkan sebagaimana layaknya banyak software.
2.      Viewport
Tampilan layar 3D objek tempat kita mendesain atau jendela pandangnya.
3.      Command Panel
6 panel yang berisi perintah-perintah modeling.
4.      Time Control
Tombol-tombol animasi.
5.      Viewport Navigation Control
Tombol-tombol yang membimbing kita di viewport.
6.      Toolbar
Barisan-barisan perintah dasar atau perintah umum.
7.      Object Category
Kategori panel-panel perintah.
8.      Command Panel Rollout
Tampilan gulungan dari panel perintah.
9.      Time Slider
Alat geser waktu animasi.
10.  Track Bar
Penggaris frame animasi.
11.  Status Bar
Baris status penjelas perintah terhadap objek.
12.  Key Frame
Kunci pengatur pada animasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar